true hospitality for your ticket service

Kawasan Bukit Karst Gunungkidul Akan Dikembangkan Jadi Ekowisata

WONOSARI (KRjogja.com) – Meminimalisir polemik penambangan karst di Gunungkidul, Pemkab setempat menggandeng Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) untuk pengembangan objek wisata ekokarst sepanjang 60 kilometer. Sasaran pengembangan diarahkan di Pantai Kukup tepatnya di Dusun Ngepung, Kemadang Kecamatan Tanjungsari hingga perbatasan bukit Pacitan Jawa Timur.

Menurut direktur Walhi, Suparlan, pengembangan paket wisata ekokarst ini rencana akan diperluas seluruh perbukitan pantai selatan hingga Pacitan, Jawa Timur. “Upaya yang akan dilakukan diantaranya mensinergikan antara para pengusaha pertambangan dengan pihak pemerintah,” katanya di Wonosari, Senin (21/3).

Pengembangan ekowisata karst ini, akan berwacana ketaraf internasional. Ia berharap, nantinya, Gunungkidul mampu menggandeng investor yang memang peduli dengan lingkungan.

Data WALHI menyebutkan, luas wilayah yang akan dijadikan induk pengembangan kukup yaitu 30 Ha terdiri dari 25 Ha tanah penduduk, dan 5 Ha tanah sultan ground. Jaraknya yang hanya 60 km dari kota Yogyakarta dan 21 km dari kota kabupaten menjadikan pantai tersebut mudah untuk diakses bagi wisatawan.

“Selain itu, gagasan ini merupakan sebuah pengubahan publik image terhadap kabupaten Gunungkidul, dan salah satu memperkenalkan Gunungkidul ke dunia internasional,” tambahnya. (Bmp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s