true hospitality for your ticket service

Kampung Batik Mangunan Tawarkan Aneka Wisata

SLEMAN (KRjogja.com) – Kampung Batik Mangunan di Kalitirto, Berbah, Kabupaten Sleman mulai mempopulerkan sebagai kampung wisata dengan menawarkan aktivitas lain seperti keenian tradisional, pertanian, makanan tradisional hingga perikanan.

Pemilik Kampung Batik Mangunan, Guntur EP menjelaskan kampung ini sudah diresmikan setahun lalu dan mulai dikenal wisatawan karena lokasinya strategis di tepi jalan Prambanan. Para wisatawan bisa melaksanakan aktivitas selain membatik seperti bermain gamela, ketoprak, wayang uwong hingga bersepeda keliling kampung.

Menurut Guntur kampung ini menyimpan banyak potensi untuk dinikmati termasuk menanam pohon sebagai bentuk dukungan gerakan go green. Hal ini dimaksudkan setiap tahun bisa berkunjung kembali dan menyaksikan pohon yang ditanamnya.

“Mereka (tamu) akan senang karena setiap tahun kembali datang dan melihat pohon yang ditanam termasuk merasakan hasilnya. Kami menyediakan 10 homestay bagi tamu atau masyarakat yang berminat. Sudah ada ratusan tamu hingga saat ini,” paparnya.

Guntur berharap keberadaan kampung ini menjai sumber pendapatan warga sehingga akan semangat untuk melestarikan seni, menu tradisional hingga peduli dengan lingkungan. (Fir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s